Metapers.com - Pada kali ini admin akan membagikan contoh RPP Bahasa Arab MA/SMA kelas X, XI, dan XII. Mimin hanya membagikan satu kerangka RPP Bahasa Arab yang nantinya silakan di sesuaikan dengan tempat anda mengajar atau meneliti. Segera simak, smoga bermanfaat.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah | : | MAN 1 Inhil |
Mata Pelajaran | : | Bahasa Arab |
Kelas/Semester | : | XII/(dua) 2 |
Materi Pokok | : | Qira’ah tentang قضاء وقت الفراغ |
Pertemuan | : | 5 dan 6 (2 x 45) |
Metode pembelajaran | : | Qiro’ah dengan Teknik Kompetisi |
Standar Kompetensi | : | 1. Membaca Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog tentang kegiatan yang dilakukan siswa |
Kompetensi dasar | : | 1.1 Melafalkan huruf hijaiyah, kata, kalimat dan wacana tertulis tentang قضاء وقت الفراغ 1.2 Menemukan makna, gagasan atau ide wacana tertulis tentang قضاء وقت الفراغ |
Tujuan Pembelajaran | : | § Siswa dapat Melafalkan huruf hijaiyah, kata, kalimat dan wacana tertulis tentang قضاء وقت الفراغ § Siswa dapat Menemukan makna, gagasan atau ide wacana tertulis tentang قضاء وقت الفراغ |
Alokasi waktu | : | 2 x 45 |
& Karakter siswa yang diharapkan :
§Religius. Jujur. Toleransi. Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Demokratif , Rasa Ingin tahu.Gemar membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial, Tanggung jawab
& Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Berorientasi tugas dan hasil, Berani mengambil resiko, Percaya diri, Keorisinilan, Berorientasi ke masa depan
Langkah-langkah Pembelajaran :
a. Kegiatan Awal/Orientasi
F Guru menyapa dan memperkenalkan diri pada siswa
F Melakukan apserpsi
Guru menjelaskan kompetensi yang diharapkan akan dicapai dan rencana kegiatan yang akan dilaksanakan berkenaan dengan قضاء وقت الفرغ
b. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F Siswa membaca mendengarkan gambaran cerita yang tertulis di teks Qiro’ah (Terlampir)
F Siswa membaca teks bacaan secara nyaring, menentukan kosa kata sulit
F Siswa memahami kaidah bahasa serta memahami isi bacaan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F Drill pelafalankosakata baru, kosakata bantu dan ungkapan
F Membuka kamus, menerjemahkan teks bacaan dalam Bahasa Indonesia
F Mengungkapkan isi materi dalam bentuk lisan
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
c. Kegiatan Akhir
F Siswa menjawab pertanyaan guru tentang :
F Makna kata, frase, kalimat, dan seluruh hiwar atau teks tertulis yang disimaknya
F Menjelaskan ragam kaidah nahwu seperti Mubtada’ khobar, Idhofah dan Jar majrur serta maknanya yang terdapat dalam teks yang disimaknya.
F Kandungan materi dan gagasan yang terdapat dalam teks tertulis yang disimaknya.
F Siswa mengisi TTS sesuai isi bacaan serta terjemahan nya
Alat/Bahan/Sumber :
· Buku paket, perangkat pembelajaran, teks qiroah, lembar TTS
Penilaian :
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa | Indikator Pencapaian Kompetensi | Teknik Penilaian | Bentuk Penilaian | Contoh Instrumen |
v Religius. v Jujur. v Toleransi. v Disiplin. v Kerja keras v Kreatif v Demokratif v Rasa Ingin tahu v Gemar membaca v Peduli lingkungan: v Peduli social v Tanggung jawab. | · Mengucapkan kata, kalimat sesuai tanda baca dengan fashih · Menerjemahkan kata, kalimat-kalimat ke dalam Bahasa Indonesia · Menentukan kosakata baru dengan menggaris bawahi teks bacaan · Mengajukan pertanyaan tentang teks bacaan · Menjawab pertanyaan tentang isi bacaan · Menentukan informasi secara global tentang bentuk teks/ isi teks | Lisan Lisan Lisan Lisan Lisan Lisan | Uraian Uraian Uraian Dialog Dialog Uraian | عملت الواجب المَنْزِلِيّ بعد العشاء دخلت إلى غرفة المذاكرة جلست وقرأت الكتاب ثم كتبت الدرس على الكراسة ونظرت التلفاز قبل النوم + متى عملت؟ |
Mengetahui Kepala Madrasah ........................................... NIP/NIK. | | .............. , ............................... Guru Mapel Bahasa Arab .......................................... NIP/NIK. |
Post a Comment