Metapers.com - Kembali lagi bersama sobat zona murid dan guru, kali ini mimin akan membagikan contoh RPP K13 Bahasa Arab MI Kelas IV V dan VI Terbaru. Silakan disimak dan semoga bermanfaat.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) K13
Nama Sekolah : MI Nurul Huda
Mata Pelajaran : BAHASA ARAB
Kelas/Semester : IV/I
Materi Pokok : Alat – alat Sekolah
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
I. KOMPETENSI INTI (KI)
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengarkan, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
II. KOMPETENSI DASAR (KD) DAN INDIKATOR
2.1 Melakukan dialog sederhana tentang المهنة، الأدوات المدرسية، التعارف
2.2 Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang المهنة، الأدوات المدرسية، التعارف
Indikator :
2.1.1 Mampu membaca teks bacaan dengan benar
2.1.2 Mampu menghafal beberapa kosa kata baru
2.2.1 Mampu membuat kalimat berbahasa Arab dengan kosa kata yang baru dipelajari
2.2.2 Mampu memecahkan soal masalah yang diberikan
III. Tujuan Pembelajaran
Setelah menerima materi pembelajaran diharapkan siswa dapat :
1. Mampu membaca teks bacaan dengan benar
2. Mampu menghafal beberapa kosa kata baru
3. Mampu membuat kalimat berbahasa Arab dengan kosa kata yang baru dipelajar
4. Mampu memecahkan soal masalah yang diberikan
IV. Materi Pembelajaran
“Alat-alat Sekolah”
V. Metode Pembelajaran
1. Reading Aloud
2. Inkuiri Mind
VI. Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
1. Buku paket
2. Spidol
3. Benda-benda yang ada di kelas
VII. Langkah-langkah Pembelajaran
NO | LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN | METODE | WAKTU | Sumber/ Media belajar |
1. | PENDAHULUAN | | 2 menit | |
| 1. Menyampaikan salam pembuka 2. Absensi kelas 3. Apersepsi : - Coba sebutkan terdapat benda apa saja yang ada disekitar kalian dalam kelas ini? 4. Menyampaikan tujuan pembelajaran | Ceramah Ceramah | | |
II. | KEGIATAN INTI | | 7 menit | |
| Mengamati 1. Guru meminta siswa membuka bukunya pada halaman materi yang akan di pelajari 2. Kemudian Guru membagi siswa ke dalam 2 kelompok, tiap kelompok terdiri dari 6 orang - Kelompok pertama membaca paragraph awal dengan suara keras dan bersama-sama, - Kemudian dilanjutkan membaca paragraph selanjutnya oleh kelompok kedua Menanya 3. Setelah membaca, siswa2 diminta mencari kosa kata baru yang belum dimengerti artinya, dan menulisnya di buku catatan masing2 Eksplorasi 4. Kemudian siswa mencari sendiri jawabannya dengan dibantu oleh guru ISTIRAHAT Asosiasi 5. Setelah itu, siswa diminta menghafalkan beberapa kosa kata tersebut, dan menutup bukunya 6. Guru memberi tebakan pada tiap anak secara bergantian Komunikasi 7. Kemudian, guru memberikan permainan Poster Comment kepada tiap2 siswa, untuk memberi tes lisan 8. Setelah selesai, guru memberi tes soal tertulis dan langsung dikumpulkan | Reading Inkuiri mind | 10 menit 25 menit 15 menit | Buku paket Gambar Lembar soal |
III. | PENUTUP | | 1 menit | |
| 1. Guru meminta siswa/ salah seorang siswa untuk mengulang apa yang sudah dipelajari hari ini dari materi yang telah diajarkan 2. Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk membaca dan mempelajari lagi materi yang didapat agar bisa lebih hapal dan mengerti 3. Salam | Ceramah | | |
Menyetujui, Guru Pamong ANDRIASYAH, S.Pd | Pekanbaru, 19 Oktober 2017 Praktikan (Mahasiswa) ROFIQ ALAMSYAH NIM. 116125168 |
Post a Comment